Education,Kegiatan

Dari UNESA untuk SID: Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi

Davao City, 10 Mei 2024 - Pada hari Jumat, tanggal 10 Mei 2024, Sekolah Indonesia Davao telah menggelar sebuah kegiatan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, yaitu pendampingan penyusunan modul pembelajaran diferensiasi untuk para guru di lingkungan sekolah. Kegiatan ini merupakan hasil dari kerjasama yang erat antara Sekolah Indonesia Davao dan Universitas Negeri Surabaya, yang bertujuan untuk memperkaya strategi pembelajaran di kelas dengan memperhatikan kebutuhan dan kemampuan individu setiap siswa. Tak hanya itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu wujud nyata dari program pengabdian kepada masyarakat.

Para pemateri yang ahli di bidangnya, yaitu empat dosen dari Universitas Negeri Surabaya, telah turut serta dalam kegiatan ini. Dipimpin oleh Dr. Andi Kristanto M.Pd, tim ini juga terdiri dari Dr. Tri Sudarwanto M.SM, Dr. Mohammad Syahidul Haq, dan M. Rizky Ramadhan, B.Bus, MITHM. Dengan latar belakang dan pengalaman mereka yang luas, para dosen ini memberikan wawasan yang berharga kepada para guru di Sekolah Indonesia Davao.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 waktu setempat, dan diisi dengan penjelasan mendalam mengenai pembelajaran diferensiasi. Konsep ini menitikberatkan pada pentingnya mengakomodasi beragam kemampuan dan kebutuhan siswa di dalam kelas. Dengan demikian, setiap siswa dapat belajar secara efektif sesuai dengan tingkat pemahaman dan minat mereka masing-masing. Pendampingan ini diharapkan dapat memberikan dukungan yang signifikan bagi para guru dalam menyusun modul pembelajaran yang lebih relevan dan bermanfaat bagi perkembangan siswa. Modul-modul yang disusun akan dirancang sedemikian rupa agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa, sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung lebih efisien dan efektif.

"Kami sangat berterima kasih atas kerjasama yang baik antara Sekolah Indonesia Davao dan Universitas Negeri Surabaya dalam menyelenggarakan kegiatan ini," ujar Indra Tejamukti selaku Wakil Kepala Sekolah Indonesia Davao bidang kurikulum. "Kami yakin pendampingan ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi pembelajaran di sekolah kami dan memberikan manfaat yang nyata bagi perkembangan para siswa."

Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Indonesia Davao, serta memperkokoh kerjasama antar lembaga pendidikan secara Internasional untuk mencapai tujuan bersama dalam mempersiapkan generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing.

Penulis: Alda Setyawati/ Mahasiswa PLP UNESA

Editor: Dede Nugraha Kurniawan, Yunia Tiara R.

Tag Post :
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Dont Hesitate To Contact Us

Lorem ipsum dolor sit amet, consecte adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore dolore magna