Education,Kegiatan

Kolaborasi Pendidikan Lintas Negara: Kunjungan Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ke Sekolah Indonesia Davao

Pendidikan merupakan fondasi dalam membangun masa depan yang cerah bagi suatu bangsa. Pada era globalisasi, kerjasama lintas negara dalam bidang pendidikan menjadi semakin penting untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan. Kolaborasi ini juga dilakukan antara Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dan Sekolah Indonesia Davao.

Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Irjen Pol (Purn) Prof. Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M, melakukan kunjungan ke Sekolah Indonesia Davao di Filipina pada hari Selasa tanggal 16 April 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan antara Indonesia dan Filipina. Dengan memperkuat hubungan antarlembaga pendidikan kedua negara, diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan pendidikan di kedua negara tersebut.

Prof. Bambang merupakan seorang pemimpin pendidikan dengan pengalaman luas dalam bidang kepolisian dan pendidikan tinggi. Melalui kedua latar belakang yang kuat tersebut tentung memiliki visi yang jelas untuk meingkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Sebagai seorang yang berpengalaman, beliau percaya bahwa kolaborasi lintas negara menjadi kunci untuk menghadapi tantangan pendidikan di era globalisasi. Sehingga, kunjungan ke Sekolah Indonesia Davao merupakan salah satu langkah konkret untuk mewujudkan visi tersebut.

Kunjungan yang dilakukan oleh Rektor Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya ke Sekolah Indonesia Davao bertujuan untuk membuka pintu kerjasama dalam berbagai aspek pendidikan. Mulai dari pertukaran pelajar, pengembangan kurikulum hingga penelitian bersama. Kolaborasi ini diharapkan mampu memberikan manfaat yang baik serta berkelanjutan bagi kedua belah pihak.

Selain itu, kunjungan ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan budaya dan nilai-nilai Indonesia kepada siswa dan masyarakat Filipina. Sehingga dengan memahami dan menghargai keberagaman budaya, diharapkan dapat terjalin hubungan yang lebih erat antara kedua negara ini.

Selain diskusi tentang kolaborasi pendidikan, kegiatan ini juga terdapat sesi pembagian doorprize untuk siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan. Acara ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan hadiah, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat serta jawaban di depan umum.

Kunjungan ini menjadi contoh nyata bagaimana lembaga pendidikan dapat berperan sebagai agen perubahan dalam memperkuat hubungan antarnegara dan membangun jembatan perdamaian serta kerja sama secara internasional. Melalui komunikasi, dan kolaborasi untuk dapat menciptakan dunia yang lebih harmonis dan sejahtera melalui pendidikan. Semangat dan komitmen yang ditunjukkan oleh kedua pihak adalah contoh nyata pentingnya kerja sama lintas negara dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era globalisasi.

Melalui kunjungan ini, kedua lembaga menegaskan untuk berkomitmen menjalin kerja sama yang erat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi muda yang lebih baik. Kolaborasi lintas negara yang dilakukan tidak hanya memberikan manfaat dalam hal pertukaran, tetapi juga memperluas pengetahuan siswa untuk memahami dan menghargai keberagaman budaya secara global.

Penulis: Alda Setyawati/ Mahasiswa PLP UNESA

Editor: Dede Nugraha Kurniawan, Yunia Tiara R.

Tag Post :
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Dont Hesitate To Contact Us

Lorem ipsum dolor sit amet, consecte adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore dolore magna