Education,Kegiatan

Menumbuhkan Nilai Keindonesiaan Siswa: Bermain Peran dan Workshop Dongeng

Sekolah Indonesia Davao (SID) menggelar sebuah acara workshop yang menghadirkan dua pakar dalam bidangnya, Dr. Ciwuk Musiana Yudhawasthi, M.Hum. dan Dr. Erwin Syahruddin, S.H., M.H. dari Universitas Bhayangkara Jakarta. Acara yang berlangsung pada tanggal 26 April 2024 ini bertujuan untuk mendalami kekayaan budaya Indonesia melalui kajian tentang dongeng.

Dalam workshop ini, para peserta diajak untuk menjelajahi berbagai aspek dongeng Indonesia, mulai dari jenis-jenisnya, contoh-contohnya, hingga cara membuat dan mendongeng. Dr. Ciwuk Musiana Yudhawasthi, yang memiliki latar belakang dalam bidang humaniora, memberikan wawasan mendalam mengenai makna dan peran dongeng dalam budaya Indonesia. Dia membagikan pengetahuan tentang beragam jenis dongeng yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, menyoroti keunikan dan kekayaan cerita yang terkandung di dalamnya.

Sementara itu, Dr. Erwin Syahruddin, yang ahli dalam bidang hukum, memberikan perspektif yang menarik tentang cara dongeng juga memiliki relevansi dalam kehidupan sehari-hari. Dia menekankan pentingnya dongeng sebagai sarana pendidikan karakter dan moral bagi generasi muda.

Workshop ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga memberikan panduan praktis tentang cara membuat dongeng yang menarik dan cara mendongeng dengan baik. Para peserta diajak untuk berpartisipasi aktif dalam sesi diskusi dan berbagi pengalaman, sehingga tercipta suasana belajar yang interaktif dan mendalam.

Acara workshop ini dihadiri oleh seluruh siswa SID, yang antusias mengikuti setiap sesi dengan penuh semangat. Mereka terlibat dalam diskusi, bertanya, dan bahkan ada yang berbagi cerita dongeng dari daerah asal mereka masing-masing. Hal ini mencerminkan minat dan kecintaan mereka terhadap warisan budaya Indonesia.

Plt. Kepala Sekolah Indonesia Davao Ibu Prof. Dr. Ir Aisyah Endah Palupi, M.Pd. menyambut baik kegiatan workshop ini dan mengapresiasi kerjasama antara sekolah dengan Universitas Bhayangkara Jakarta dalam menghadirkan acara yang bermanfaat bagi siswa. Beliau menyatakan harapannya agar workshop seperti ini dapat menjadi awal dari rangkaian kegiatan yang lebih banyak lagi untuk memperkaya pengetahuan dan apresiasi siswa terhadap budaya Indonesia.

Workshop dongeng ini berhasil memberikan wawasan yang mendalam tentang kekayaan budaya Indonesia kepada seluruh peserta, serta menginspirasi mereka untuk terus menjaga dan memperkaya warisan budaya kita yang begitu berharga. Semoga kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa depan untuk terus memperkukuh rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya bangsa.

Penulis: Alda Setyawati/ Mahasiswa PLP UNESA

Editor: Dede Nugraha Kurniawan, Yunia Tiara R.

Tag Post :
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Dont Hesitate To Contact Us

Lorem ipsum dolor sit amet, consecte adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore dolore magna